Langsung ke konten utama

Long Short Story

Sebelumnya disini gua akan cerita gimana gua bangkit dari sakit hati dan keluar dari hubungan yang toxic.

dan disini gua juga bakal cerita sad story tentang pengalaman gua bisa se-independent sekarang (mungkin agak panjang) daaan gua ga bermaksud buka aib laki gua sendiri ataupun orang lain...

Jadiiiii,
tahun 2009-2013 awal gua pacaran sama laki-laki yang bisa dibilang baik, penyayang, dan mau menuruti apa yang dimau perempuannya...gua ga mengelak kebahagian selama itu.
tapi seiring pertambahan umur, pembentukan pribadi, jati diri, kemapanan, semuanya berubah...

Dia punya bad habits yang menurut gua agak susah untuk di ubah, dulu.
mungkin orang bilang, gak bisa hidup dengan satu wanita, maybe.
karna selingkuh kaya udah jadi kebiasaan, dan makanan sehari-hari untuk menambah luka sakit di hati gua saat itu.
apa yang gua lakuin? tentu saja marah, dan bilang dia gak akan ngulangin lagi, dan gua memaafkan.
karna menurut gua saat itu, semua orang punya kesempatan untuk berubah, dan gua orang bodoh yang percaya kalo orang bisa berubah dengan mudah.

Setelah kejadian itu dia berubah, bertahan satu bulan..bulan berikutnya terulang lagi.
selalu aja gua nemuin hal-hal yang berusaha di umpetin, Allah maha baik.
gua cuma bisa marah dan minta putus,,,iyaa kita putus cuma beberapa hari, besoknya dia balik lagi dengan kata manisnya. dan lagilagi aku bodoh percaya orang tetap bisa berubah, aku menahan sakit untuk kebahagian orang lain.
kebiasaan itu berulang sampe tahun terakhir hubungan ini, tapi kali ini lebih parah :')

Dia terang-terangan selingkuh, mengakui dan mutusin hubungan kita gitu aja,
terus gua gimana? gak terima, gua nangis, gua hampir mau bunuh diri, gua gak bisa terima kenyataan kalo gua di buang setelah apa yang gua pertahanin selama ini.
satu hal yang paling gua inget sampai hari ini, disaat udah putus dia pernah telfon gua untuk ngajak makan sama keluarganya, kebetulan hari itu gua lagi jauh dari rumah, gua hampir buru-buru pulang, disaat di tengah jalan panas terik dia chat gua bilang "kelamaan lo, udahlah gua ngajak siini aja"
(Fyi, siini adalah selingkuhan dia yang gua ceritain diatas)
Demi apapun itu sakit banget, gua lemes, gua hampir nangis di pinggir jalan.
gua dibilang pengganggu, gua korban yang dibilang pengganggu :'))
gua kalut, gua berusaha ngancurin hubungan mereka, tapi gak bisa.
gua nangis tiap malem dari bulan kebulan, susah tidur, kebangun dengan rasa patah hati.

lama-lama gua mikir, gua ga kalah. Allah sayang sama gua, Allah jauhin gua dari orang yang terus-terusan nyakitin gua, lama-lama gua mulai terima kenyataan. gua mulai buka hati untuk orang baru, gua mulai tenang, gua mulai bisa melupakan.

Disaat gua mulai melupakan, dia dateng lagi dengan alasan "mama lebih suka sama kamu, mama minta kita balikan" WHAAAAAATTT...
gua saat itu gak langsung meng-iyakan. tapi gua bahagia dengan keadaan ini, dia sama selingkuhan itu dan gua tetep sendiri. dia dateng kerumah selalu minta saran cerita tentang perempuan itu, gimana rasanya? sakit..tapi dia ga boleh tau gua masih sakit hati denger dia cerita perempuan lain ke perempuan yang pernah lama ada di hati dia.

sampe datanglah Aldre di kehidupan gua yang lumayan memberi pelajaran di hidup gua sekarang,
apa mantan gua tau disaat itu gua juga lg deket sm Aldre? Dia tau..
jadi, gua sama mantan gua ini ga pernah hilang kontek, meskipun dia punya pacar berkali-kali dan gua masih tetep sendiri. jadi pas gua deket sama Aldre, dia liat, dia tau. tanggepan dia? biasa aja, karna dia mikir gua akan balik sama dia kaya yang udah-udah, tapi tebakan dia kali ini salah. gua udah ga nyiapin ruang untuk orang yang ga bisa berubah.
karna menurut gua kesempatan untuk dia selama 4tahun ini udah cukup, gua udah ga bisa kasih kesempatan lagi, sekarang giliran kesempatan orang baru yang berusaha bahagiain gua.

Akhirnya gua pacaran sama Aldre, bahagia? iya lumayan bahagia awalnya..
Aldre juga cuma manusia yang butuh belajar, sama seperti gua.
setelah putus dari mantan gua, gua bertekad untuk gak ngasih sepenuh perasaan gua ke pacar gua selanjutnya, gua cuma kasih setengah, dan gua berusaha untuk gak terlalu sayang sama orang, cukup sewajarnya, gua gamau kalo kejadian yang lalu keulang lagi, dan yang lebih penting gua gamau lagi bergantung sama orang lain. kalo gua bisa pergi atau jalan sendiri, kenapa gua harus ngandelin pacar gua?

Dari yang gua bilang di cerita "our Story"
Aldre ini pernah ngelakuin kesalahan berulang kali ke gua. kesalahan yang sama.
terus apa bedanya sama mantan gua?
bedanya di perasaan gua, dulu gua ngasih perasaan penuh ke mantan gua ketika gua disakitin, gua hancur, kehilangan arah. disaat gua sama Aldre, gua udah lebih bisa ngontrol perasaan gua, karna kita gatau kedepannya gimana, sakit hati pasti cuma ga berbekas, kenapa?

pertama, gua udah lebih kuat dan udah pernah ngerasain sakit yang paling sakit dari perselingkuhan.
kedua, gua kontrol perasaan gua untuk pacar gua,
ketiga, gua tau batas normal kapan gua harus marah.

jadi, ketika Aldre ngelakuin kesalahan yang sama dan selalu ketauan sama gua.
hal pertama yang gua lakuin waktu itu adalah..cuma nanya. tanpa memaki, tanpa emosi.
kok gitu? balik lagi, gua percaya orang bisa berubah.

ketauan lagi? lagi-lagi gua cuma nanya...dan gua tau Aldre disitu udah panik, tapi gua ga ngejudge atau apa. gua pendem, gua cuma mau tau bates kesabaran diri gua di hubungan ini sampe mana.

ketauan terus...kali ini gua cuma nanya "kalo kamu masih sayang sama dia, aku mundur"
aku gapapa, aku ga marah, asal kamu bahagia drpd harus ngumpet2 kaya gini.
disaat itu dia jawab "aku mau nya sama kamu, aku gamau sama dia"
oke, tinggalin dia demi aku.

gua gatau disaat itu Aldre bener-bener ninggalin atau engga. sampe gua sempet mikir, gua sempet coba bertemen sama si mantan ini, gua sempet berbaik sangka sama mantan ini, gua sempet cerita-cerita tentang hubungan gua. di sambut baik, dia baik, dia kasih saran ini itu akhirnya gua percaya kalo dia perempuan baik baik, awalnya...

tapi hal itu keulang lagi
Disatu momen, Aldre ketauan lagi dengan orang yang sama dan ngelakuin hal yang seharusnya ga mereka lakuin. gua ga nanya, gua ga diem, akhirnya gua ngerasa kalo hubungan ini emang udah perlu diudahin. tujuan gua saat itu, kalo gua ga bisa ngajarin dia untuk setia, biar kehilangan yang ngajarin dia.
gimana aldre saat itu? ya namanya orang punya salah, dia terus minta maaf sama gua.
dia terus chat gua, dia terus minta kesempatan lagi saat itu, tapi semua chat nya cuma gua read, sampe akhirnya takdir nemuin gua sama Aldre di Jakcloth.

waktu itu gua ke JC cuma mau nonton cold play, dan gua ga expect kalo booth tempat aldre kerja dulu ada di depan pintu masuk yang mana gua harus lewatin situ kalo mau ke panggung coldplay.

gua udah berusaha ngumpet, ternyata dia ketemu sama adek gua duluan didalem,
akhirnya dia nyamperin gua, dia cium tangan gua, dia peluk gua depan banyak orang di JC dan dia minta maaf lagi.

gua lumayan luluh saat itu, karna gua ga bisa nutupin rasa kangen gua sama dia.

Setelah gua pulang, dia chat gua untuk minta kesempatan lagi, dan dia janji ini yang terakhir kali.

long short story, pada akhirnya gua tau kalo orang munafik itu akan kalah sama orang yang tulus.
mantan ini yang tadinya gua pikir baikbaik ternyata emang sukanya main belakang wkwk
gua terima dengan senang hati kalo dulu Aldre mau balikan sama dia, ternyata setiap gua putus, mereka selalu ketemu dan berujung Aldre akan balik ke gua tanpa gua ngemis-ngemis, tanpa gua pinta, tanpa gua rayurayu wkwk

dan seiring jalannya waktu, Aldre nunjukin perubahan yang positif.

dia ga pernah selingkuh lagi sampe detik ini,
dipegang cewe pun sekarang dia takut, bukan karna gua galak.
tapi karna kehilangan ngajarin dia jadi seperti ini,
dia gamau kehilangan gua lagi untuk yang kedua kalinya.

tujuan gua saat itu berhasil, gua berhasil rubah Aldre jadi pribadi yang lebih baik sekarang.

sampe dia bilang kalo nanti Allah panggil gua duluan, dia ga akan nikah lagi.
simple but sweet :))



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dia Bukan Lagi Yang Ku Kenal

Beberapa tahun berlalu susah senang aku lewatin dengan seseorang yang sudah hampir 6 tahun aku kenal. seseorang yang dulu mewarnai hidupku, seseorang yang dulu menjadi satu-satunya orang yang bisa buat hati ini tenang ketika gundah, seseorang yang selalu mengusap air mataku ketika ku menangis, seseorang yang selalu memeluk ku disaat aku merasa lelah dengan hidup ini. tapi kini aku kehilangan seseorang itu.... tahun ke ke-4 kita menjalani hubungan ini, tak pernah lagi ku mendengar kalimat-kalimat mu yang selalu menenangkan ku, pintu kamar ku tak lagi kau buka untuk sekedar mencium kening ku disaat aku sakit, tak ada lagi pesan singkat yang masuk ke telepon genggam ku untuk hanya sekedar bilang "kamu jangan nakal, aku sayang kamu" , tak ada lagi telpon yang masuk hanya untuk menanyakan "kamu lagi mau makan apa? entar aku bawain" hingga aku lupa, apa dan bagaimana rasanya dicintai, hingga aku lupa rasanya di rindukan. dimana aku disaat kamu terluka? disaat

Seribu kebaikan akan mudah dilupakan dengan satu kesalahan

Gua tipe orang yang benci kalo udah bicara tentang waktu dan proses, kenapa? LAMA. tapi emang ga pernah munafik kalo waktu dan proses yang buat kita belajar,  yang buat kita dewasa. gua emang munafik kalo bilang diri gua udah dewasa, dan gua gamau di nilai "sok bener" sama orang lain. gua emang pinter ngasih tau orang, nasehatin orang, ngasih solusi ke orang, tapi gua ga bisa ngasih tau, nasehatin dan ngasih solusi ke diri gua sendiri. Kebanyakan orang juga kaya gitu, pasti! Dibalik semua yang orang nilai dengan sebelah mata ataupun dengan kedua matanya tentang gua, ga semua nya bener. Mereka hanya liat sisi "buruk" gua, dan ga pernah inget satu kebaikan gua. Karna gua pernah denger pepatah " When i'm right no one remembers and when i'm wrong no one forget" sama aja kaya " Seribu kebaikan akan mudah dilupakan dengan satu kesalahan"  Gua emang bukan orang yang suka ngungkit kebaikan diri sendiri, cuma sebelum kalian nilai orang sebe

Berteman dengan masa lalu

dari dulu gua sukaaaa banget nemenin orang dari nol (0) sampe dia bisa beli apa-apa sendiri. Tapi setelah dia bisa beli apa-apa sendiri, dia lebih suka nikmatin nya sama orang lain kayanya daripada sama gua wkwk. salah gua dimanaaaaa?wkwk jadi, pernah gua pacaran dari SMA kelas satu, kalo sekarang sih bilang nya kelas 9. itu pacaran dari jaman nya sama-sama item dop sampe putih ga bersih-bersih amat sih wkwk ada juga dari jaman pacaran naik angkot kemana-kemana lu bayangin sampe punya motor sendiri ada juga dari jaman motor lama terus dijual naik angkot terus sampe punya motor lagi ada juga dari jaman pacaran bawa motor sampe bawa mobil daaaan ada juga dari jaman nganggur sampe pada punya kerjaan. anjirrr setia banget gak sih gua nungguin mereka pada sukses wkwk tapi sayangnya bahagia mereka ga cuma buat gua (ciye sedihhh). tapi ga semua dari mereka yang memutuskan untuk dengan yang lain, tapi ada juga karna gua ngerasa udah ga bisa. dan yang paling tragis entah kenapa dar